ahmad sukron

Jurnalistik Tidak Hanya Untuk Wartawan

DSC06156

“Seburuk apapun gaya tulisan, itu jauh lebih baik dibandingkan gagasan bagus yang tidak tertulis”, gagasan ini tegas disampaikan oleh Bagiyo Prasasti dalam mengisi materi teknik dasar jurnalistik dan jurnalisme warga pada pertemuan kedua Program Sekolah Demokrasi 2015 di Hotel Tretes Raya.

Dalam membekali peserta sekolah yang akan ditugaskan turun lapang, Bagiyo menegaskan bahwa jurnalistik tidak hanya untuk wartawan karena pada prinsipnya berita adalah pristiwa yang di laporkan. Kegiatan apapun bisa menjadi berita yang menarik apabila di sajikan dengan tulisan yang benar.

Selama menyampaikan isi materi, ia lebih fokus pada how to get, how to write, dan how to present, yaitu bagaimana berita bisa di dapat, observasi, wawancara dan literasi adalah kunci mendapatkan berita, ungkap dia sambil menjelaskan bermacam teknik mendapatkan berita dilapangan.

Bagaimana cara menulis berita? Penulisan berita terpenting harus didahulukan baru tubuh berita yang di lanjut dengan keterangan berita sehingga penulisan berita dapat digambarkan seperti piramida terbalik. Dalam pemaparanya ia dihujani banyak pertanyaan dari peserta sekolah demokrasi, karena kepiawaiannya ia menjawaban singkat dan padat mudah diterima, iapun melanjutkan paparannya tentang bagaimana berita disajikan. “Penyajian berita yang konsisten itu dapat memberikan rasa nyaman pada pembaca, hal ini sengat penting”, ujar dia sambil memberikan berbagai teknik penyajian berita.

Bagiyo masih setia menunggu hingga pukul 22.00 WIB untuk mendengarkan dan mereview presentasi berita hasil turun lapang, hasil review tiga kelompok turun lapang tersebut secara keseluruhan menurutnya cukup baik walaupun sebagian ada yang harus diperhatikan dalam kode etik penulisan dan perlu memasukkan pendapat ahli dalam berita 3 isu hasil turun lapang tersebut karena isu lingkungan dan air merupan isu besar untuk diberitakan termasuk isu pelayanan publik.

Ahmad Sukron

Pastikan hari esok lebih baik dari hari sekarang…..!!!

Leave a Reply